Palu, Sulawesi Tengah – Pembukaan Kegiatan Workshop Koding dan Optimalisasi Klaim JKN di Rumah Sakit telah dilaksanakan di Hotel Santika. Kamis, (30/05/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi dan memberikan pengetahuan kepada koder tentang penerapan sistem INACBG secara terpusat, keseluruhan dan terindeks secara JKN. Selama 2 hari kegiatan, peserta diberikan pengetahuan mengenai kaidah koding INA CBG, latihan kasus koding ICD 10 & 9CM serta pencegahan kecurangan (fraud) dalam JKN. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Komang Adi Sujendra mengatakan dengan adanya teknologi yang digunakan maka klaim BPJS pun akan besar. 

“Saya ingin menyoroti teknologi yang kita gunakan, rumah sakit itu kan padat modal, padat teknologi, padat masalah, padat SDM, padat semuanya. Jadi kalau kita bermain di teknologi ini, maka klaimnya akan besar”. kata Komang Adi

INA CBGs adalah tarif paket pelayanan kesehatan yang mencakup seluruh komponen biaya rumah sakit, mulai dari pelayanan nonmedis hingga tindakan medis. Dalam sistem INA CBGs, pasien dikelompokkan ke dalam satu episode yang dikaitkan dengan biaya pelayanan.

Proses pengajuan klaim dalam sistem pembayaran INA CBG menuntut adanya sistem rekam medis yang baik, sehingga akan dihasilkan penggroupan atau kode INA CBG yang akurat dan akan diperoleh tarif INA CBG yang sesuai dengan pelayanan kesehatan yang telah diberikan oleh pemberi pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Pemahaman koder di rumah sakit dalam menelaah rekam medis dan menentukan serta mengentry koding diagnosis dan prosedur sangat berpengaruh pada besaran tarif yang dihasilkan. Oleh karena itu, tenaga koder yang ada di seluruh rumah sakit Provinsi Sulawesi Tengah diharapkan dapat memiliki pemahaman dan kemampuan yang sama dalam melakukan pengkodean terhadap diagnosa dan prosedur yang dilakukan oleh tenaga medik dengan baik dan benar yang selanjutnya diinput ke dalam software INA CBG.

Dengan adanya workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan memberikan pengetahuan kepada koder dan tim casemix di rumah sakit tentang penerapan sistem INA CBG secara keseluruhan dan diharapkan dapat mengoptimalkan klaim dengan melakukan audit koding secara internal.

Sumber : PPID RSUD Undata Prov. Sulteng

Sumber : PPID RSUD Undata Prov. Sulteng

Narahubung: Shinta (085200176919)

Post Comment