*Palu,* Sulawesi Tengah – Kegiatan Optimalisasi Pengelolaan Pendidikan Klinik Melalui Administrasi Digital bagi Mahasiswa Profesi NERS (Perawat) telah dilaksanakan di ruang Komite Medik di UPT.RSUD Undata. Selasa, (28/05/2024)

Dalam kegiatan ini, Mufliha Kamase, SE.,M.Si, selaku Kepala Bidang Pendidikan, Latihan dan Pelatihan memperkenalkan aplikasi SMART Clinic yang merupakan inovasi perubahan kinerja yang Ia buat untuk memenuhi tugas diklat PIM 3. 

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh kepala ruangan dan pembimbing klinik yang ada di UPT. RSUD Undata.

Dalam sambutannya, Mufliha mengatakan bahwa selama ini Ia tidak memiliki database terkait data mahasiswa, sehingga ia membuat aplikasi SMART Clinic untuk mengadministrasikan data mahasiswa secara digital.

“Di bidang kami, di diklat ya terkait dengan tusi tupoksi kami itu, kami memang melaksanakan pendidikan klinik untuk adik-adik yang praktek disini ya. Cuma memang yang selama ini yang menjadi kendala buat bidang kami itu kami tidak punya database terkait data mahasiswa ya. Makanya saya bersama programmer saya mencoba merancang suatu sistem yang buat kami pengelola admin di diklit itu untuk mengadministrasikan mahasiswa punya data itu secara digital ya” kata Mufliha.

“Karna memang itu yang buat kendala dari kami mungkin, ketika kami sendiri saja kalo untuk mencari data mahasiswa biasanya setengah mati ketika harus mengkonfirmasi ke ruangan kembali ya, karena memang kami tidak punya database seperti itu” tambahnya.

SMART Clinic merupakan aplikasi pengecekkan data mahasiswa NERS secara online. Mahasiswa dapat mengakses data seperti tanggal, ruangan dan pembimbing klinik yang akan didapatkan.

“Kalau mahasiswanya ini nanti sudah mulai jalan, mahasiswa bisa mengecek oh ketika dia mungkin di SMART SKDP dia tanggal berapa, dia berada diruangan mana dan pembimbing kliniknya siapa. Jadi seperti itu gambaran tentang aplikasi ini.”

Mufliha berharap sistem ini dapat mengoptimalkan pola pendidikan klinik di UPT. RSUD Undata.

Sumber: PPID RSUD Undata Prov. Sulteng

Narahubung: Shinta (085200176919)

Post Comment